Senin, 07 Februari 2011

Laboratorium bahasa multimedia





Laboratorium Bahasa Multimedia:


Adalah merupakan pengembangan lebih dari sistem lab bahasa konvensional menuju ke sistem lab bahasa berbasis komputer yang lebih aplikatif dan fleksibel.
Lab Bahasa Multimedia PT Visisndo Mitra Indonesia menggunakan software “TeachingLab”  merupakan sebuah software sistem kontrol audio lab bahasa yang bekerja melalui  jaringan LAN komputer. Menggunakan audio streaming menghasilkan komunikasi suara yang jernih. TeachingLab juga disertai sistem kontrol PC sehingga dapat juga digunakan sebagai alat pengajaran dalam sebuah lab komputer biasa.
Sistem full software sangat meminimalkan segi kerusakan alat permanen (hardware), mudah dalam perawatan, anda cukup menginstall ulang software jika terjadi kerusakan pada komputer dan lab dapat digunakan lagi.
TeachingLab telah dikembangkan lebih dari 4 tahun yang bermula dari sistem lab bahasa konvensional menuju ke sistem lab bahasa multimedia yang lebih aplikatif dan fleksibel.
TeachingLab merupakan solusi dari sistem lab bahasa yang ada di Indonesia yang tidak dipungkiri sering menimbulkan berbagai masalah. Diantara masalah yang ada yaitu alat yang mudah rusak, ketidak tersediaan suku cadang, kesulitan dalam
pengoperasian, harga produk yang sangat tinggi serta pelayanan purna jual  yang kurang memuaskan. Jika dicek dari semua sekolah di Indonesia yang memiliki fasilitas lab bahasa maka kurang dari 50% yang dapat beroperasi secara baik.
Lab bahasa merupakan salah satu fasilitas kebanggaan suatu sekolah karena dengan mahalnya alat dan sulitnya mendapatkan produk lab bahasa tersebut. Seiringnya perkembangan teknologi lab bahasa konvensional sudah mulai ditinggalkan. Selain karena susah dalam perawatan, sistem lab bahasa yang sekarang juga dituntut untuk multi fungsi agar dapat mengarah ke sistem pembelajaran berbasis ICT. PT. Visindo Mitra Indonesia dengan software TeachingLab-nya merupakan salah satu pelopor dari banyak produk lab bahasa yang mencoba beralih kearah multimedia komputer yang  sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini.
Dengan misi untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, kami PT. Visindo Mitra Indonesia akan berusaha memberikan pelayanan terbaik yang tidak hanya berorientasi bisnis semata. Dengan harga yang relatif terjangkau diharapkan Laboratorium Bahasa Multimedia dapat digunakan untuk setiap sekolah di Indonesia yang memiliki keterbatasan dana sekalipun.

Tentunya TeachingLab masih mempunyai banyak kekurangan, kami, PT Visindo Mitra Indonesia  sangat menerima saran serta kritik membanguan dari anda serta kami juga mohon dukungannya agar PT. Visindo Mitra Indonesia tetap eksis agar tetap dapat berperan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.


 Operating system For Master


 1.Intercom : Komunikasi audio dua arah melalui headset, guru dapat berbicara dengan siswanya melalui     headset yang terhubung ke soundcard komputer.
2.Model : Memperdengarkan suara salah satu siswa ke seluruh siswa dalam kelas. Digunakan untuk menunjuk salah satu siswa sebagai contoh dalam speaking.
3.Record Voice : Berkomunikasi audio sekaligus merekam suara siswa yang dipilih kedalam file.
4.Play record : Memutar hasil dari rekaman siswa.
5.Lock PC : Mengunci fungsi mouse dan keyboard siswa, digunakan saat menerangkan agar siswa fokus terhadap pelajaran yang diberikan guru dan tidak bermain-main komputer sendiri.
6.Remote PC : Digunakan untuk mengendalikan layar komputer siswa dari komputer guru.
7.Turn Off PC : Digunakan untuk mematikan komputer siswa dari komputer guru.
8.Desktop Monitoring : dapat melihat tampilan desktop siswa, desktop siswa dapat tampil secara Thumbnails pada panel kontrol siswa.
9.Talk to ALL : Berbicara ke seluruh siswa dalam kelas melalui headset.
10.Audio Broadcast : Mengirimkan sinyal audio MP3/Wav ke seluruh siswa secara bersama-sama.
11.Transfer File : Mengirim file keseluruh siswa secara bersama-sama untuk langsung dibuka, dapat juga dikirim kedalam group belajar.
12.Clone Desktop All : Mengirimkan layar komputer guru keseluruh siswa. Digunakan saat menerangkan materi secara bersama-sama.
13.Lock All Client : Mengunci mouse dan keyboard seluruh siswa.
14.Testing dengan skor otomatis, dapat diaplikasikan untuk berbagai matapelajaran tidak hanya untuk bahasa inggris. File laporan dapat disimpan dalam format Excel.
15.Dilengkapi juga fasilitas backup hasil rekaman.


















Operational for student
Panel control client, akan muncul secara otomatis setiap software master mendeteksi adanya software client yang aktif di computer dalam jaringan. Panel control client dapat dipindah-pindahkan posisinya sesuai keinginan (dapat di drag).
Adapaun functional system pada client adalah sebagai berikut :
1.Intercom : Komunikasi audio dua arah melalui headset, guru dapat berbicara dengan siswanya melalui headset yang terhubung ke soundcard komputer.
2.Model : Memperdengarkan suara salah satu siswa ke seluruh siswa dalam kelas. Digunakan untuk menunjuk salah satu siswa sebagai contoh dalam speaking.
3.Record : Berkomunikasi antara guru dengan siswa sekaligus merekam suara siswa yang dipilih kedalam file.
4.Play  : Memutar file hasil dari rekaman siswa.
5.Chat  : Dilakukan untuk komunikasi berbasis teks dengan siswa.
6.Desktop Spy  : Digunakan untuk melihat layer computer siswa tanpa diketahui siswa yang bersangkutan.
7.Remot PC  : Digunakan untuk mengendalikan computer siswa dari computer guru.
8.Send Desktop : Digunakan untuk menampilkan layar computer guru ke layar computer siswa.





3 komentar:

kompetisi web kompas muda & aqua mengatakan...

wah bagus juga ya mas.,.,.,

Busisess Coach mengatakan...

salam kenal .
wahh keren nii .
makasih yaa .

obat herbal maag kronis mengatakan...

infonya bagus banget..karena saya seorang guru..info ini sangat bermanfaat sekali.